Posted by : Study TKJ Friday, May 3, 2013


Proposal Usaha


Nama usaha                                         : FUNNY CUBY RABBIT
Nama penyusun rencana usaha           : Bagiarta I Komang
Alamat  usaha                                       : Br.waringin,Ds.pempatan, Rendang, Karangasem,bali
Alamat rumah                                       :Br.waringin,Ds.pempatan, Rendang, Karangasem,bali

Latar belakang.
            Kelinci adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak diminati khususnya di kalangan remaja putri, kelinci banyak diminati karena keindahan bulunya yang menarik beraneka ragam warna dan karena tingkah kelinci yang lucu dan jinak, tak hanya untuk binatang peliharaan kelinci juga dapat dijadikan sebagai menu santapan kuliner yang enak dan sehat dengan menjadikan kelinci sebagai sate atau sop kelinci., kelinci adalah hewan bertelinga panjang yang memakan sayur-sayuran, dalam perawatan kelinci cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal karena di daerah persawahan atau perkebunan pakan kelinci bisa tumbuh liar. Dan didapatkan dengan mudah.
Modal Awal
Inventasi                             : Rp  250.000
Modal kerja                        : Rp  -
Total                                      : Rp  250.000


peluang usaha
a.       Kekuatan pendukung usaha (strength)
kekuatan dalam pendukung berjalannya usaha Funny Cuby Rabbit adalah, banyaknya peminat kelinci yang bermunculan, karena kelinci yang lucu dan perawatannya juga cukup mudah, para peminat kelinci yang banyak di daerah waringin (wilayah tempat tinggal saya) sebagian besar adalah para remaja putri yang tertarik karena keindahan bulu dari kelinci. Tak hanya itu kelinci juga banyak diminati untuk dijadikan sebagai menu kuliner sehingga kelinci semakin laris, di daerah tempat saya tinggal belum begitu banyak orang yang mau beternak kelinci pedaging maupun kelinci hias(peliharaan). Sedangkan permintaan untuk memenuhi pesanan kelinci terus bermunculan.
b.      Kelemahan yang membatasi/ menghambat usaha (weaknes)
Kelemahan yang dapat menghambat berkembangnya usaha ini adalah beberapa hal sebagai berikut.:
1.      Adanya wabah penyakit menular yang meng-infeksi kelinci peliharaan yang dapat menyebabkan kelinci mati.
2.      Adanya pemangsa liar yang mengganggu kelinci, seperti anjing, kelabang,tikus dan ular.
3.      Masih kurangnya kandang indukan yang menyebabkan dalam satu kandang kelinci masih bercampur lebih dari 2 ekor/kandang sehingga menghambat reproduksi kelinci karena terlalu banyak kelinci dalam satu kandang, dan mengganggu kelinci betina yang akan melahirkan.
c.       Peluang usaha (opportunity)
Peluang usahaya yang banyak dilihat dalam usaha Funny Cuby Raabbit adalah di penjualan anakan kelinci hias dan penjualan kelinci pedaging untuk memenuhi pesanan kelinci sebagai menu kuliner yang banyak diminati, dalam menjalankan usaha ini juga cukup murah untuk perawatannya, karena pakan yang diberikan untuk kelinci tidak harus dibeli, pakan kelinci didapatkan dari kebun sayuran atau kelinci diberikan rumput yang tumbuh liar di daerah kebun.
d.      Mengancam usaha
Hal yang dapat mengancam usaha ini adalah mewabahnya firus penyakit yang dapat menyebabkan kelinci mati atau sakit dan munculnya hewan predator yang memangsa kelinci.
Deskripsi ide usaha
            Ide untuk menjalankan usaha Funny Cuby Rabit adalah dari dilihatnya banyak peluang usaha yang ada, selain untuk usaha,ini juga merupakan sebuah penyaluran hobi yang saya geluti, di daerah waringin (daerah tempat saya tinggal)  banyak sekali remaja yang ingin memelihara kelinci tetapi mereka masih bingung dimana mereka harus membeli kelinci untuk mereka pelihara, tak hanya itu di waringin juga ada pengepul kelinci yang setiap hari berkelililng membeli kelinci, sedangkan di daerah waringin tidak banyak orang yang memelihara kelinci, dan untuk memenuhi pesanan kelinci tersebut tentu memerlukan banyak kelinci indukan yang siap ber-reproduksi, sedangkan fase reproduksi kelinci yang paling cepat adalah 45 hari dengan jumlah anak 1-12 ekor per induk.
Bentuk badan usaha
            Badan usaha yang saya jalankan adalah badan usaha pribadi, namun dalam usaha ini yang dilibatkan adalah anggota keluarga yang sesekali ikut serta dalam merawat kelinci peliharaan yang ada. Seperti pemberian makan saat kelinci saya tinggalkan bersekolah dan pemberian minum kepada kelinci.
Rencana Marketing Produk
produk
1
2
3
4
Nama barang
Kelinci pedaging


Kelinci hias (Anggora)
Kelinci hias (lion)
Kelinci hias
(rex)
Spesifikasi, (berat,usia,warna)
Variant


Variant
variant
variant



Rencana Marketing Harga
Rencana marketing harga dalam usaha Funny Cuby Rabit adalah sebagai berikut
Harga kelinci pedaging usia 2-3 bulan Rp 20.000- Rp45.000/ekor
            Kelinci potong siap potong Rp 70.000- Rp 120.000/ekor
Harga kelinci hias (Anggora) usia 2-3 bulan Rp 25.000 – 45.000/ ekor
            Kelinci hias (Anggora) indukan Rp100.000-Rp 160.000/ekor
Harga kelinci hias (lion) usia 2-3 bulan Rp 35.000-Rp 60.000/ekor
            Kelinci hias (lion) indukan Rp 120.000-Rp 175.000/ ekor
Harga kelinci hias (Rex) usia 2-3 bulan Rp 45.000- Rp 60.000/ekor
            Kelinci hias (Rex) indukan Rp 90.000- 160.000/ekor
Alasan penentuan harga diatas adalah harga tersebut sudah dibandingkan dengan harga yang beredar di pengepul kelinci di pasaran, harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu. Potongan harga/ diskon akan diberikan kepada pembeli yang membeli dalam jumlah banyak />10 ekor,

Rencana Marketing Untuk Lokasi Usaha
            Lokasi tempat usaha adalah di rumah saya di Br.waringin, Ds.pempatan, Kec.Rendang, Karangasem.
Alasan penentuan lokasi
            Lokasi ini dipilih karena di daerah lokasi pakan kelinci bisa dengan mudah didapatkan, dan sudah diketahui oleh beberapa orang pengepul kelinci, lokasi juga strategis karena berada di daerah yang cukup ramai orang lalu-lalang setiap harinya.dan untuk perawatan kelinci bisa dibantu oleh keluarga yang berada dirumah ketika kelinci saya tinggalkan.
Mencapai pelanggan dengan cara menjual kepada
            Sasaran atau target pasar yang ingin dituju dalam usaha ini adalah para pecinta kelinci yang mau memelihara kelinci,para pengepul kelinci pedaging/ kelinci hias, penjual masakan kuliner kelinci.




Organisasi dan Staf.
Pemilik usaha
I Komang Bagiarta

Stuktur organisasi

Pembantu Pelaksana Usaha 1

Ni Made Witin
Pembantu pelaksana usaha 2

Ni Ketut Bagiani
 





Sistem upah/ gaji kerja
            Sistem upah yang dipakai dalam usaha ini adalah : karena dalam usaha ini yang ikut serta adalah keluarga sistem yang dipakai adalah sistem persentase keuntungan dengan persentase 75% keuntungan diserahkan ke  pemilik untuk dikelola dan 25% untuk pembantu pelaksana yang ikut serta merawat dan membesarkan kelinci
Rencana Modal dan Pembiayaan Usaha
      Rencana modal yang ingin ditujukan adalah untuk pembuatan kandang indukan  Rp 500.000 dengan ukuran kandang p.l.t = 250cm.80cm.80cm. dan penambahan bibit untuk indukan sebesar Rp 500.000 untuk dua ekor bibit pejantan dan delapan ekor betina.
Modal Inventasi
Modal investasi dalam usaha ini meliputi: kandang dan bibit kelinci indukan.


Disusun Oleh


(I Komang Bagiarta)
kelas/No.absen: XI/TKJ/5
 

Pages

copright Text

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Labels

Blogger templates

- Copyright © CAESARD -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -